Rabu, 13 April 2011

Ada Museum Kerinci di Malaysia




Ilustrasi


Laporan Wartawan Tribun Jambi, Edi Januar
SUNGAI PENUH, TRIBUNJAMBI.COM – Kabupaten Kerinci dan Malaysia bisa dibilang sangat akrab. Bahkan, menurut sejarahnya, sejak 1819 sudah banyak warga Kerinci yang merantau ke Tanah Seberang atau Semenanjaung Malaya, dan seterusnya mereka menunaikan ibadah haji dari sana.
Salah satu wujud persatuan warga Kerinci di Malaysia, memang ada wacana untuk mendirikan museum, yang nantinya akan dijadikan tempat berkumpulnya warga Kerinci, sekaligus menjadi wadah untuk mempromosikan kerinci.
Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Kerinci, Yusman, mengakui, museum tersebut dibangun oleh warga Kerinci. Saat ini museum tersebut sudah selesai dibangun. Warga Kerinci yang tinggal di sana meminta Bupati Kerinci, H Murasman meresmikan museum Kerinci tersebut. Tujuan didirikannya museum, adalah untuk mempromosikan kerinci,” jelas Yusman.
Saat ini, lanjutnya, Kepala Dinas Pariwisata Kerinci, Arlis Harun sedang berada di Malaysia, untuk melakukan koordinasi terkait peresmian tersebut.
Sementara itu, Bupati Kerinci, Murasman, sudah menyatakan kesediaannya untuk berkunjung kes ana. Meski demikian, hingga saat ini belum ada undangan secara lisan maupun tulisan dari warga kerinci yang tinggal disana.
Kalau memang betul ada acara di sana, kita akan usahakan datang. Hal ini dilakukan demi kelestarian budaya Kerinci yang ada di sana. Namun saat ini kita belum dapat undangan,” ungkap Murasman.
Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD Kerinci, Liberty. Ia juga bersedia hadir untuk bertemu dengan warga Kerinci di Malaysia, jika ia juga diundang disana. Bahkan jika eksekutif mengajukan anggaran untuk membangun museum di sana, maka dewan siap menyetujui anggaran tersebut,” jelas Liberty.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar