Jumat, 15 April 2011

Bumi Kerinci Simpan Benda Purbakala


Tribun Jambi - Jumat, 10 Desember 2010 11:01 WIB
10122010_Porbakala_kerinci.jpg
tribunjambi/edi januar
Benda purbakala berupa guci dan tembikar yang ditemukan di SMAN 2 Gunung Kerinci, Kerinci
KABUPATEN Kerinci, yang merupakan kabupaten paling barat Provinsi Jambi, tidak hanya memiliki keindahan yang tiada duanya, namun juga memiliki kebudayaan dan peradaban yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Hal tersebut terbukti, dengan banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah, yang tersebar di semua wilayah Kabupaten Kerinci.



Seperti benda purbakala yang baru-baru ini ditemukan di Desa Siulak Tenang, tepatnya di SMA2 Gunung Kerinci. Siswa yang tengah asyik mengikuti kerja bakti, untuk membersihkan lingkungan sekolah, tiba-tiba terkejut karena cangkul mereka mengenai sesuatu benda yang cukup keras. Setelah diangkat, ternyata benda tersebut adalah pecahan guci dan mangkok yang terbuat dari tembikar (tanah liat).

Benda-benda bersejarah tersebut awalnya ditemukan pada kedalaman satu meter. Namun karena merasa penasaran, akhirnya siswa meneruskan penggalian, dan hasilnya pada kedalaman 1,5 meter, kembali ditemukan tumpukan pecahan guci dan gerabah.

1 komentar:

  1. uhang kinchi hati2 dgn.peninggalan purba ini jangan terlepas pada uhang lain.Disarankan supaya dibena musium lengkap dikerinci jangan ditempat lain kerana pelancung asiang akan datang ini peluang utk.tambah pendapatan ekonomi pada masyarakat tempatan.

    BalasHapus